Kunci Sukses Selamat Dunia Dan Akhirat

Mohamad Firman Hadi/ 1112051100038/ fvierman.jurno@gmail.com/ 08977127917

Artikel 2/ jurnalistik/ 2B

Dapat dipastikan setiap orang mendambakan dirinya bisa selamat. Selamat ketika sedang dipersimpangan, selamat ketika akan menyebrang, selamat selama diperjalanan, dan lain halnya. Tidaklah salah seperti itu. Namun, perlu diutamakan juga kesematan dunia dan akhirat karena percuma kita selamat selama menjalani kehidupan, sementara tersiksa di yaumil akhir kelak saat mempertanggung jawabkan perbuatannya di dunia

Kunci sukses yang diharapkan menjadi penghantar keselamatan itu, diantaranya:

pertama, tekad yang sangat kuat. Awali keinginan keselamatan dengan tekad yang kuat. Karena inilah yang akan menajdi sumbu penyemangat sekaligus skala prioritas disela kita beraktivitas. Maksunya, sesibuk apapun kita atau sepada apapun aktivitas, tekad keselamatan tetap diprioritaskan. Tekad yang kuat sekaligus menjadi cermin dan panduan kita.

Kedua, perbanyak taubat. Hampir dipastikan setiap diri kita pernah melakukan kesalahan. Baik kecil maupun besar. Segera taubat, jangan sampai kesalahan kecil menjadi besar. Dan yang besar pun jangan sampai tetap dipertahankan. jadi segera lakukan taubat. Jangan sampai kita mati dalam keadaan belum taubat.

Ketiga, hindari maksiat. Setan tidak akan pernah berhenti menggangu kita. Dan kita pun perlu tahu dimana         pun kita berada dia pasti ada. Untuk itu jangan sampai kita lepas kontrol sehingga terjerat akan godaannya.

Keempat, tingkatkan taat. Tidak ada jalan lain bagi kita untuk terus meningkatkan ketaatan. Kelima, tebarkan manfaat. Sebaik-baik manusia adalah yang banyak manfaatnya.

Selain itu Dari ‘Uqbah bin ‘Amir ra, ia berkata,” aku bertanya, Wahai Rasulullah, apa kiat agar selamat? Beliau menjawab,(1) Jagalah lisanmu, (2) tetaplah tinggal dirumahmu, dan (3) menangislah mengingat kesalahanmu.”

Pelajaran yg dapat diambil dr hadits ini:

1.       Diantara cara unt mendapatkan ilmu adalah dgn Bertanya.

2.       Menunjukkan perhatian yang besar dr seorang Sahabat Rasul unt mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat. Mereka tidak hanya mementingkan dunia yang fana saja, tetapi lebih mementingkan kebutuhan rohani yang sering kita lalaikan.

3.       Manusia akan hidup selamat jika tunduk dan patuh kpd Sang Pencipta alam semesta yaitu Allah SWT.

4.       Dalam hal ini Nabi Muhammad saw menjelaskan :

Pertama: Menjaga LisanLisan ini adlh nikmat dari Allah sekaligus amanat yang akan dimintai pertanggungjawabannya di hari Akhir.Demikian pentingnya kedudukan lidah unt membahagiakan seseorang atau menyusahkannya. Maka islam menginginkan agar masing-masing kita menjaga ucapannya.Nabi Muhammad saw, pernah ditanya ttg penyebab kebanyakan manusia masuk NERAKA, maka beliau menjawab, “Mulut dan Kemaluannya.”

Kedua: Menetap Di RumahRumah merupakan salah satu junci keselamatan unt menghindari dampak buruk dr pergaulan di masyarakat. Rumah merupakan salah satu kunci keselamatan unt mengeratkan cinta kasih antar suami isteri dan menguatkan ikatan batin antara anak dan orang tua.

Hendaknya kita tidak keluar rumah jika tidak ada perlunya, terutama anak-anak perempuan yang sering menjadi korban pemerkosaan atau pelecehan seksual. Jika keluar rumah, gunakanlah busana muslimah, jika memungkinkan hendaknya ditemani ayah atau mahramnya dan hendaknya pulang kerumah sblm tiba waktu Maghrib.

Ketiga: Menangis Karena Takut Kpd Allah SWTManusia tidak lepas dr berbuat salah, jika kita melakukan kesalahan atau dosa segeralah kita bertaubat kpd Allah SWT dengan sebenar-benarnya. Menyesali perbuatan dan bertekad untuk tidak mengulanginya lagi.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s