Kewajiban Kita Untuk Beribadah, Menyembah, Dan Beriman Kepada ALLAH SWT

Nama : Roni Kurniawan

Nim : 1112051100047

 

 

Allah SWT Adalah al-Khaliq yaitu pencipta semesta alam ini. Dengan mengenal Allah, banyak sekali manfaat yang didapatkan. Allah mengetahui yang tampak maupun yang tidak tampak pada diri kita, yang besar maupun yang kecil dan detail. Allah mengetahui gerak fisik kita, sebagaimana dia mengetahui gerak hati kita. Dengan kesadaran itu, seorang muslim merasa selalu dalam kebersamaan dan pengawasan Allah SWT. Sehingga tumbuhlah sikap istiqomah dan konsisten untuk selalu berada di jalan Nya.

Seseorang yang mengenal secara benar bahwa Allah adalah zat yang memberi pahala siapa saja yang berbuat amal shaleh dan membalas dengan siksanya siapa saja yang melakukan maksiat. Prinsip ini membuat seseorang ketika membantu sesama manusia tidak mengharapkan balasan dari orang yang dibantu itu, melainkan hanya Allah SWT. Karenanya, manusia mukmin dalam beraktifitas ditengah masyarakat selalu memiliki prinsip; beramal benar dan tidak mengharapkan apapun dari umat manusia, namun hanya kepada Allah SWT. Ikhlas  sangat sulit sekali diukur dengan apapun karena sesungguhnyaikhlas sangat berhubungan dengan niat seseorang dalam hati. Seperti yang

 diriwayatkan oleh Abu Hafsh dalam Hadis Arba’in:
“Sesungguhnya diterimanya amal perbuatan seseorang itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan apa yang diniatkan ” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bersyukur adalah alasan yang paling dasar mengapa kita beribadah kepada Allah. Betapa banyaknya nikmat Allah yang telah kita manfaatkan dalam hidup. Bukankah itu harus kita syukur. Seandainya Allah tidak mewajibkan kita untuk beribadah kepadaNya, maka bersyukur cukup untuk menjadi alasan mengapa kita harus selalu memaksa diri beribadah kepada Allah.

Satu cara yang efektif yang dilakukan para Salafus-Sholeh untuk meningkatkan semangat beribadah adalah dengan mengingat ancaman dan azab Allah bagi siapapun yang lalai melaksanakan ibadah. Dan sebaliknya merindukan balasan Allah bagi yang beribadah kepadaNya dengan surgaNya. Mereka takut sekali terhadap azab Allah dan mereka rindu sekali terhadap Allah dan surgaNya. Inilah beberapa sebab dan cara kita meningkatkan semangat kita dalam beribadah kepada Allah.

Rsulullah bersabda: “Setiap perbuatan yang bermanfaat jika tidak dimulai dengan bismillah maka perbuatan itu terputus dari berkah”
Nilai suatu benda sesungguhnya tidak hanya dapat diukur berdasarkan nilai dari materi tersebut. Disana ada sebuah nilai yang bersifat non-materi yang juga memiliki nilai yang berdiri sendiri. Nilai inilah yang kita sebut sebagai berkah. Sebagaimana sabda Rsulullah diatas, karena keimanan dan pengetahuan yang mendalam akan hakekat Allah SWT akan menyadarkan setiap mukmin bahwa semua yang dilakukan dan dinikmati di dunia ini sesungguhnya tidak lepas dari kehendak Allah. Dengan begitu secara otomatis menyebut nama Allah setiap akan melakukan pekerjaan positif.

Jakarta, 11 Mei 2013

RONI KURNIAWAN,  Jurnalistik 2B, Nim : 1112051100047

 

5 TULISAN TERBAIK DARI KUMPULAN BROSUR :

1.      PROBLEM DASAR MANUSIA, KRISIS SPIRITUAL DAN SOLUSINYA

Alasannya : Brosur ini salah satu yang terbaik karena didalam brosur ini dijabarkan tentang krisis spritual pada manusia dan jelaskan pula bagaimana solusinya, sehingga sangat bagus untuk dibaca agar kita tidak krisis spiritual, dan dapat mencegahnya agar tidak terjadi hal tersebut melalui baca brosur ini.

2.      ADA HUBUNGAN APA MANUSIA DENGAN ALLAH?

Alasannya : Dari judulnya saja brosur ini sangat menarik perhatian untuk membacanya sehingga brosur ini bisa dibilang salah satu brosur terbaik.  Didalam brosur ini pun diyakinkan kalau kita itu termasuk hamba dan kekasih Allah SWT. Sehingga makin jelaslah hubungan manusia dan Allah SWT.

3.      MENGETAHUI ALLAH DAN MENJADI HAMBA ALLAH

Alasannya: Menurut saya penting bagi kita untuk mengetahui Allah dan Menjadi Hamba Allah. Dan lewat brosur inilah kita bisa tau semua infonya bagaimana kita menjadi hamba Allah dan mengetahui Allah. Sehingga layaklah brosur ini sebagai yang terbaik.

4.      MENJADI HAMBA ALLAH ITU PILIHAN YANG HARUS DIPERJUANGKAN

Alasannya: Brosur ini juga termasuk brosur yang terbaik karena dari judulnya saja bisa membangkitkan gairah umat islam yang membacanya untuk bisa menjadi hamba Allah yang baik dan tentunya menjadi hamba Allah haruslah diperjuangkan.

5.      MANUSIA ITU HAMBA ALLAH DAN KHALIFAH-NYA

Alasannya: Brosur ini juga termasuk yang terbaik menurut pandangan saya. Karena didalam brosur ini menjelaskan kalau manusia memang benar benar hamba Allah dan sebagai Khaliffah dibumi dan bagi umat islam hal itu haruslah diyakini.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s