PENGALAMAN BERIMAN, BERISLAM, DAN BERIKHSAN

Identitas Penulis:

Mohamad Firman Hadi/08977127917

Praktikum 3/ Jurnalistik/ 2B

BISMILLAAHIRRAHMAAANIRRAHIIM

MANUSIA DICIPTAKAN ALLAH

TUJUANNYA UNTUK MENYEMBAH ALLAH, MENJADI HAMBA ALLAH DAN  MENJADI KHALIFAH

Manusia adalah makhluk Allah Swt yang diberikan kelebihan berupa Akal untuk berfikir dan mengingat apa pun yang ia pelajari, alami, dan lakukan. Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang mengagumkan dan penuh misteri. Dia tersusun dari perpaduan dua unsur; yaitu segenggam tanah bumi, dan ruh Allah. “Sesungguhnya Kami telah ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” [At-Tin: 4]

Tujuan hidup manusia adalah untuk beribadah (menyembah) kepada Allah SWT, Sang Maha Pencipta sebagaimana difirmankan Allah dalam Al- Qur’an Surat Adz-Dzaariyaat ayat 56 yang berbunyi: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. Selain itu, manusia diberi kepercayaan oleh Allah SWT untuk menjadi khalifah (pemimpin) di muka bumi. Tugas kekhalifahan ini terpatri dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 30 yang berbunyi: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi …”

 

Jadi  dari semua ibadah kita ialah taqwa yang artinya penyerahan diri pada Allah

Orang yang taqwa adalah yang paling mulia disisi Allah, karena dia telah menyerahkan dirinya dan takut pada-Nya dengan menjalankan segala yang diperintahkan oleh-Nya dan meninggalkan segala yang dilarang oleh-Nya. Ilmu untuk semua penyembahan, ibadah dan menjadi khalifah itu terdapat di Quran yang dilengkapi dengan hadist Quran itu pedoman hidup kita sebagai insan yang menjalani kehidupan ini

Seseorang yang mengenal secara benar bahwa Allah adalah zat yang memberi pahala siapa saja yang berbuat amal shaleh dan membalas dengan siksanya siapa saja yang melakukan maksiat. Prinsip ini membuat seseorang ketika membantu sesama manusia tidak mengharapkan balasan dari orang yang dibantu itu, melainkan hanya Allah SWT. Karenanya, manusia mukmin dalam beraktifitas ditengah masyarakat selalu memiliki prinsip; beramal benar dan tidak mengharapkan apapun dari umat manusia, namun hanya kepada Allah SWT. Ikhlas  sangat sulit sekali diukur dengan apapun karena sesungguhnya ikhlas sangat berhubungan dengan niat seseorang dalam hati. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hafsh dalam Hadis Arba’in:
“Sesungguhnya diterimanya amal perbuatan seseorang itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan apa yang diniatkan ” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bersyukur adalah alasan yang paling dasar mengapa kita beribadah kepada Allah. Betapa banyaknya nikmat Allah yang telah kita manfaatkan dalam hidup. Bukankah itu harus kita syukur. Seandainya Allah tidak mewajibkan kita untuk beribadah kepadaNya, maka bersyukur cukup untuk menjadi alasan mengapa kita harus selalu memaksa diri beribadah kepada Allah.

Satu cara yang efektif yang dilakukan para Salafus-Sholeh untuk meningkatkan semangat beribadah adalah dengan mengingat ancaman dan azab Allah bagi siapapun yang lalai melaksanakan ibadah. Dan sebaliknya merindukan balasan Allah bagi yang beribadah kepadaNya dengan surgaNya. Mereka takut sekali terhadap azab Allah dan mereka rindu sekali terhadap Allah dan surgaNya. Inilah beberapa sebab dan cara kita meningkatkan semangat kita dalam beribadah kepada Allah.

Lima Artikel Terpilih

1. Puncak Pengalaman Pertemuan Dengan Allah Itu Menjadi Hamba Allah,

Kekasih Allah dan Khalifah – Nya. Alasan : Artikel ini berisi tentang manusia yang merupakan karya Allah yang paling sempurna. Memberitahukan tentang kelebihan manusia diantara mahkluk yang lain dan memberikan jalan bagaimana caranya untuk menjadi hamba Allah, kekasih Allah dan Khalifah – Nya.

2. Ada Hubungan Apa Manusia Dengan Allah

Alasan : Artikel ini berisi tentang hubungan manusia dengan Allah, disini dijelaskan pula hal –hal yang tidak pernah saya pikirkan bahwa apakah sebelum Allah menciptakan ciptaan – Nya, Ia sendirian atau tidak. Selain itu, artikel ini juga mendorong kita untuk memikirkan mengenai segala bentuk macam pertanyaan yang sangat ingin kita ketahui tetapi kita belum pernah memikirkan sebelumnya.

3.      MENGETAHUI ALLAH DAN MENJADI HAMBA ALLAH

Alasannya: Menurut saya penting bagi kita untuk mengetahui Allah dan Menjadi Hamba Allah. Dan lewat brosur inilah kita bisa tau semua infonya bagaimana kita menjadi hamba Allah dan mengetahui Allah. Sehingga layaklah brosur ini sebagai yang terbaik.

4. Manusia Itu Hamba Allah dan Khalifah-Nya

Alasan : rtikel ini berisi tentang pengertian manusia sebagai hamba allah yang harus mengikuti petunjuk Allah, melaksanakan perintah-Nya, dan menjauhkan larangan-Nya. Manusia juga sebagai khalifah atau wakil Allah di bumi, manusia diberi intelligensi, yaitu kesanggupan menguasai, mengatur, dan membimbing kehidupan alam di bumi.

5. Menjadi Hamba Allah Itu Pilihan yang Harus Diperjuangkan

Alasan : Artikel ini berisi tentang manusia yang mempertuhankan Allah itu pilihan dari manusia itu sendiri. Dengan demikian, mengetahui, mengenal, dekat dengan Allah, dan bertemu Allah merupakan keharusan mutlak bagi manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s