AGAMA ADALAH PONDASI DAN JEMBATAN MENUJU TUHAN

Muhammad Zaeni Dahlan (1112051100030)
Artikel 1/Jurnalistik 2B
Agama merupakan salah satu unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Dengan agama, manusia bisa menjalani kehidupan yang lebih baik diiringi dengan batasan-batasan yang membuat manusia tidak keluar dari batas dan tetap berada dalam kehidupan yang baik. Namun agama yang dianut manusia di muka bumi ini tidaklah sama. Bila ditinjau dari sisiKhaliq terdapat agama yang menyembah banyak Tuhan (polytheisme), lalu agama yang mempercayai bahwa benda memiliki kekuatan ghaib (dinamisme), kemudian ada agama yang mempercayai bahwa setiap sesuatu di muka bumi memiliki roh (animisme) dan ada agama yang menyembah satu Tuhan (monotheisme). Dan bila agama ditinjau dari segi sumbernya agama dibagi dua yaitu ardliyah dan samawiyah. Tetapi apapun agama yang dianut manusia, esensi dari setiap agama adalah sama yaitu terciptanya kehidupan manusia yang lebih baik, baik antar manusia ataupun dengan Tuhannya dengan orientasi hidupnya ditujukan kepada Allah dan Rasul-Nya, maka segala aktifitasnya akan diabadikan untuk kepentingan Allah dan Rasul-Nya.Setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh seseorang harus dilandasi iman di dalam dirinya. Imanlah
yang menentukan balasan yang akan Allah berikan. Allah berjanji untuk memberikan balasan yang terbaik di akhirat atas amal saleh yang telah dilakukan seorang mukmin.Tanda dan ukuran yang menunjukkan benarnya iman seseorang adalah kemampuannya untuk
menginfakkan sesuatu yang dicintainya demi kepentingan agama dan masyarakat secara ikhlas. Hal tersebut merupakan salah satu penerapan kesadaran beriman, berislam, dan berihsan.
Menurut pengamatan para ahli, bahwa pada manusia terdapat yang namanya gharizah (instink, naluri) Gharizah agama itulah yang mendorong manusia meyakini suatu agama, Secara singkat dapat dikatakan yang membuat manusia hajat (membututhkan) agama adalah karena gharizah agama yang sengaja diciptakan Allah SWT pada diri manusia.
Firman Allah SWT dalam surat Ar-Rum ayat 30:
“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”
5 (Lima) Judul dari kumpulan Brosur yang saya pilih adalah sebagai berikut :
1.      Fakta yang terlupakan dan tak terpikirkan
Judulnya patut kita fahami dan sadari bahwa memang kita sebagai hamba Allah selalu tidak terpikirkan apa dan siapa Allah itu?
Kalau kita pikir-pikir, apakah kita setiap hari selalu memikirkan Allah beserta ciptaan-Nya, jawabannya ya memang tidak pernah, karena kita hanya memikirkan hawa nafsu saja dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini,ingat bahwa Allah selalu mengingat dan mengintai kita.
2.      Kerangka Acuan : Program pendalaman pemahaman dan peningkatan pengalaman keagamaan
Karena memang saya mengangkat judul tentang Agama, jadi saya tertarik mengambil salah satu judul yang ada dalam brosur ini, sangat spesifik sekali karena begitu tajam dan indah dalam menguraikan dan menjelaskan bagaimana agama itu adalah dasar untuk meyakini adanya Tuhan.
3.      Apa yang bisa kita dapatkan dari P5K
Judul ini saling berhubungan dengan judul yang ke 2, karena manfa’at dalam P5K ini sangat membantu kita bagaimana cara mengetahui rahasia-rahasia Allah yang belum terpikirkan, belum dipikirkan dan belum diberdayakan.
4.      Problem Dasar Manusia, Krisis Spiritual dan Solusinya
Bacaan ini mengingatkan manusia mengenai permasalahan manusia serta memberikan pula solusinya. Lewat bacaan ini kita disadarkan dan dibangkitkan kembali semangat untuk beribadah dan beramal soleh dengan mendalami ilmu Agama.
5.      Mengetahui Allah dan Menjadi Hamba Allah
Judul ini menjelaskan tujuan Allah menciptakan manusia untuk beribadah, menyembah Allah, menjadi hamba Allah, dan yang lebih utama Allah menciptakan manusia menjadi khalifah-nya, dan untuk mengetahui Allah. Manusia harus mengikuti petunjuk, mengandalkan pertolongan Allah, dan selalu berlindung pada kekuasaan Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s