BERIMAN, BERISLAM, DAN BERIKHSAN

ANGGA SATRIA PERKASA/1112051100045

ARTIKEL 2/ JURNALISTIK/ 2B

 

Allah itu memerintahkan manusia agar selalu beriman,berislam dan berihsan. Beriman kepada Allah itu dengan mematuhi segala perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya. Iman itu juga menyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan melakukan dengan perbuatan. Berislam itu adalah dengan memulai mengucapkan dua kalimat syhadat. Sedangkan berihsan itu meyakini bahwa Allah itu selalu ada untuk mengawasi kita.

Beriman, berislam dan berihsan sangat penting untuk dilakukan setiap muslim karena dengan beriman,berislam dan berihsan kita dapat menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Sehingga kita bisa merasakan satu kekuatan dengan Allah, satu kehendak dan satu pengetahuan dengan Allah yaitu bisa mengatahui dengan pengetahuan Allah, bimbingan Allah dan petunjuk Allah.

Dengan Beriman, Berislam dan Berihsan kita juga  dapat membangkitkan semangat ibadah kita kepada Allah, selalu mengingatnya dalam suka maupun duka. Kita juga dapat beramal shaleh dan berakhlak mulia dengan cara mengerjakan hal-hal yang dihalalkan oleh Allah. Jangan sekali-kali kita berbuat yang diharamkan oleh Allah karena perbuatan seperti ini sangat dibenci oleh Allah dan nantinya kita akan dilaknat oleh Allah SWT.

Selain itu kita sebagai manusia harus selalu tolong menolong dalam kebaikan. Contohnya kalau ada tetangga yang kesusahan kita harus menolong semampu kita. Kita tidak boleh menelantarkan tetangga kita yang kesusahan itu. Supaya kita menjadi orang yang berguna dan selain itu kita mendapat pahala dari apa yang kita kerjakan itu.

Selain itu kita harus selalu bertausiah menyebut nama Allah selalu dimanapun kita berada. Ini diharapkan agar kita selalu mengingat dengan Allah dan selain itu kita akan mendapat pahala dari Allah. Allah berkeinginan manusia itu menjadi hamba Allah karena hanya menjadi hamba Allah yang bisa menjadi kekasih Allah dan hanya kekasih Allah yang bisa menjadi khalifah Allah yaitu wakil Allah di muka bumi ini.

Hamba Allah menyadari bahwa semua yang ada padanya adalah milik Allah dan semuanya akan kembali pada Allah. Hamba Allah juga dapat menyadari bahwa Allah akan selalu berada dekat dengannya, dan ujian Allah itu tidak akan melebihi batas kemampuan manusia. Allah juga akan senantiasa memudahkan urusan manusia yang senantiasa berada dekat dengannya.

Iman, islam dan ihsan adalah 3 pilar bangunan islam. Sehingga ihsan tidak bisa dilepaskan dari rukun iman dan rukun islam. Ketiganya saling melengkapi. Kalau diilustrasikan pondasinya adalah rukun iman, pilar-pilar dengan keseluruhan bangunan diatasnya adalah rukun islam dan ihsan sebagai ruhnya. Jadi ihsan adalah penentu hadir dan tidaknya ruh seorang muslim dalam menjalankan aturan islam. Ketika sesorang beriman, berislam namun tidak berihsan, maka saat itu ia belum sampai pada ruh ajaran islam.

Islam memberitahukan kita tentang apa yang harus dikerjakan, sedang iamn memberikan mereka sebuah pemahaman mengapa hal itu penting untuk dikerjakan. Dan ihsan akan menghadirkan motivasi serta kualita spsikologis seseorang menjadi selaras (harmonis) dengan perbuatan dan pemahamannya.

Ihsan menambahkan kepada islam dan iman sebuah fokus niat (kehendak hati). Ia menghendaki manusia agar mengarahkan kembali kehendak dan pilihan mereka berdasarkan akan kehadiran Tuhan di dalam segala sesuatu.

Iman mengajarkan manusia mengapa mereka harus menjadi hamba Allah dan menunjukkan jalan yang harus mereka lewati untuk menjadi khalifah Allah. Ia menjelaskan bahwa perbuatan manusia secara mendasar berakar di dalam Yang Maha Nyata (the real), dan bahwasanya kelak setelah kematian perbuatan manusia akan menimbulkan dampak yang berlangsung terus menerus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s