BERMUNAJAT KEPADA ALLAH KERJAKAN SHALAT, BERDO’A DAN SEDEKAH

Nama : Lilis Yuniarsih    Artikel 1

No. Hp : 083870765130 Jurnalistik 2B

Email : yuniarsih_lilis44@yahoo.com

 

Tujuan penciptaan manusia di muka bumi adalah untuk menjadi hamba Allah. Yaitu mengabdi kepada Allah SWT. dengan cara menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Allah berfirman dalam Al-Quran surat Adz-Zariyaat ayat 56: “dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”. Namun dalam pelaksanaan tugasnya, manusia seringkali lalai bahkan tidak menuruti apa yang telah Allah perintahkan kepadanya.

Begitu banyak kelalaian yang dibuat oleh manusia, namun Maha Baik Allah. Meskipun telah dikecewakan oleh perbuatan-perbuatan manusia tapi Allah masih memberikan ampunan dan nikmat kepada hamba-hamba-Nya.

Contoh kecilnya apabila kita lalai mengerjakan dan menunda-nunda waktu shalat tetapi Allah masih memberikan kesempatan kepada kita untuk datang menyapa Allah dalam lantunan ayat-ayat sucinya. Padahal bila kita sadari, dengan kita lalai akan perintah Allah, Allah masih memberikan nikmat kepada kita. Apalagi jika kita mengerjakan semua perintah-Nya betapa besarnya nikmat yang kita dapatkan dari Allah. Apabila manusia belum bisa menggunakan waktu dengan sebaik mungkin bisa dikatakan bahwa manusia itu masih menjadi budak waktu.

Manusia tidak pernah sadar begitu banyak keinginan dalam dirinya yang kalau bukan karena Allah manusia tersebut tidak memiliki kekuasaan apapun untuk mewujudkannya. Apabila kita memiliki keinginan, kita selalu ingin cepat mendapatkannya. Maka dari itu selalu libatkan Allah. Mintalah hanya kepada Allah. Allah menunggu doa kita. Allah senang apabila kita banyak bermunajat kepada-Nya. Ingatlah kepada allah maka allah akan ingat kepada kita. Datanglah kepada Allah maka Allah akan datang kepada kita. Seperti hadis berikut ini : “Barangsiapa yang berdoa, maka akan Aku kabulkan, Barangsiapa yang memohon, pasti Aku akan perkenankan dan barangsiapa yang meminta ampun, pasti Aku mengampuninya.” (HR Bukhari).

Datang mintalah kepada Allah dengan cara Shalat, Doa, Sedekah. Biasakan shalat tepat waktu, jangan ditunda-tunda kerjakan pula sunah qabliyah ba’diyah, dhuha, tahajud. Sesudahnya diakhiri dengan doa, bermunajat kepada-Nya, berdoalah setiap kita akan melakukan apapun. Dan disempurnakan dengan sedekah dengan rasa ikhlas agar Allah memenuhi segala keinginan kita.

Allah SWT Berfirman artinya :

“Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah manusia mengerjakan yg baik dan cegahlah mereka dari perbuatan mungkar dan bersabarlah terhadap apa yg menimpa kamu. Sesungguhnya yg demikian itu termasuk hal-hal yg diwajibkan Allah.” (Luqman : 17)

  1. Problem dasar manusia, krisis spiritual dan solusinya

Alasannya : dengan melihat judulnya saya sangat tertarik dan ingin mengetahui lebih dalam problem-problem apa saja yang menjadi dasar krisis spiritual setiap manusia.

  1. Ingatlah Iman

Alasannya : setiap orang pasti memerlukan iman dalam dirinya. Iman artinya percaya atau yakin. Meskipun seseorang tidak yakin akan keberadaan Allah sebagai Tuhan-Nya, pasti ia meyakini suatu hal yang lain yang dia yakini sebagai Tuhan-Nya.

  1. Jalan Tol Menuju Tuhan

Alasannya : menurut saya, seseorang yang ingin mendapatkan kebahagiaan dalam hidupnya tentu pernah menemui kesulitan. Apalagi jika seseorang itu ingin mengetahui siapakah Tuhan-Nya tentu tidaklah mudah. Namun dalam tulisan ini tertera bahwa orang muslim telah menjadikan tasawuf sebagai jalan pintas menuju Tuhan. Dengan mudahnya orang yang berada dikalangan menengah atas menjadikan tasawuf ini sebagai pelarian dari kekosongan yang ia dapatkan selama ia berpaling dari Allah.

  1. Fakta yang belum disadari dan diperhatikan

Alasannya : menurut saya kata-kata yang tertera dalam tulisan ini sangat membangun motivasi saya untuk bisa lebih dekat lagi dan ingin mengenal Allah lebih jauh lagi.

  1. Musuh terburuk

Alasannya : musuh terbesar dan terburuk manusia adalah dirinya sendiri. Bagi siapa saja yang tidak bisa mengendalikan dirinya, berarti dia telah menjadi budak dari nafsunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s