Shalat Sebagai Penebus Dosa

Dwinda Nur Oceani/ (1112051100039)

Artikel 2/ dwindanuroceani@gmail.com/ (089637967078)

Di antara fungsi dan tugas Rasulullah Saw diutus ke muka bumi ini adalah sebagai basyiiran (pembawa kabar gembira) dan nadziiran  (pemberi peringatan). Dalam rangka memberi semangat kepada umatnya beliau seringkali menyampaikan janji-janji kebaikan dari Allah bagi yang melaksanakan amal shaleh. Dan juga beliau memperingatkan dengan ancaman Allah SWT bagi yang berani melanggar perintah-Nya.

Salah satu bentuk kabar gembira yang dijanjikan Allah SWT kepada orang yang beramal shaleh adalah ampunan atau penghapusan/ penebus dosa dan kesalahan. Allah SWT telah membuat suatu aturan dalam agama ini bahwa amal kebaikan itu secara otomatis dapat menghapus amal keburukan (dosa) . mengenai hal ini perlu dikaji lagi memperhatikan pendapat para ulama yang menyatakan bahwa dosa yang dapat terhapus dengan amal kebaikan itu hanya dosa-dosa kecil. Sedangkan dosa-dosa besar harus bertaubat kepada Allah dengan sebenar-benarnya.

Amal yang dapat menghapus dosa itu adalah, amal yang benar-benar dilakukan dengan niat yang ikhlas dan caranya mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah Saw, baik lahiriah maupun batiniah.

Allah SWT, berfirman :

Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. QS:Huud | Ayat: 114

Shalat adalah amal kebaikan yang paling utama dianatara amal-amal kebaikan lainnya.

Rasulullah Saw, Bersabda:

Shalat adalah sebaik-baik perintah (yang diberikan Allah kepada hamba-Nya (HR. Ibnu Majah)

Dalam sebuah hadits yang shahih, Rasulullah Saw pernah bersabda, “Amal yang paling utama adalah shalat pada awal waktunya. (HR. Abu dawud, Tirmidzi, dan Hakim dari Umur Farwah ra.)

Maka dari pada itu shalat adalah amal kebaikan yang paling utama, maka pengaruhnya sebagai kaffarah (penghapus/ penebus) dosa adalah jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s