Sudahkah kita menjadi Hamba Allah ?

Allah mencintai orang-orang yang senantiasa bertasbih menyebut nama-Nya, mengagungkan kebesaran-Nya dan selalu meminta kepada-Nya. Namun, apakah kita sadar akan kehadiran Allah? Apakah orang-orang yang selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya sudah betul-betul beriman dan pantas untuk disebut sebagai Hamba Allah?

Firman Allah SWT:

“Hai orang-orang yang beriman (kepada Para rasul), bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS 57: 28)

Lalu bagaimana dengan orang yang mengaku beriman tapi tidak menjalankan perintah Tuhan-Nya?

Iman (Keimanan) adalah meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan perbuatan. Dari pengertian ini, jelas bahwa seseorang yang memiliki keimanan atau keyakinan pastilah akan melakukan tiga hal tersebut. Jika ia hanya mengucapkan di hati tanpa ada pelaksanaannya maka orang tersebut belum beriman dan belum disebut sebagai hamba Allah.

Seseorang yang berilmu tinggi, mempunyai harta kekayaan yang berlimpah, serta kekuasaan tertinggi di negeri ini tapi tidak memiliki rasa keyakinan sama saja ia menyia-nyiakan hidupnya. Seperti sebilah pedang ditangan orang mabuk; seperti cahaya ditangan pencuri yang dapat dengan mudahnya ia mengambil barang-barang yang hendak ia curi.

Allah SWT.  menjanjikan bahwa menghayati nilai keimanan dan ketakwaan akan memberi kemudahan mendapat rahmat yang berlipat ganda dan memperoleh petunjuk dalam kehidupan dunia serta akan menerima ganjaran kelak di kemudian hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s